TUGAS_ 03_HARDWERE

Hasil gambar untuk LCD (Liquid Crystal Display)
Hasil gambar untuk LCD (Liquid Crystal Display)Hasil gambar untuk LCD (Liquid Crystal Display)



                             PERANGKAT KERAS
  
MEMASUKKAN
PROSES
OUT PUT
PENYIMPANAN
MOUSE
RAM
MONITOR
FLASHDIK
JOYSTIK
PROSESOR / CPU
PRINTER
HARD DISK
KEYBOARD
VGA
SPEAKER
DVD
SCAMER
MODEM
LCD PROYEKTOR
RAM







PENJELASAN :

1.MOUSE : 
   PENGERTIAN MOUSE :  salah satu perangkat keras komputer yang menerima input seperti gerakan, tekanan klik, dan gulir yang dapat digunakan untuk memilih teks, ikon, file dan folder..

MCAM MACAM MOUSE :

. Tikus mekanik

fungsi mouse
Hasil gambar untuk LCD (Liquid Crystal Display)
Mouse jenis ini mempunyai bola di bagian bawahnya. Bola yang berada di bagian bawah mouse tersebut bisa bergerak ke segala arah. Pada saat bola tersebut bergerak, maka sensor yang ada di dalam mouse akan mendeteksi arah pergerakan bola dan menerjemahkannya ke monitor dengan gerakan yang sama. Mouse tipe ini masih sangat populer dan banyak dijumpai kira-kira sampai tahun 2008.2. Tikus Optomechanical
manfaat mouse
Optomechanical mouse secara prinsip sama dengan mechanical mouse. Hanya saja pada mouse tipe ini, selain terdapat bola, di dalamnya juga terdapat sinar yang merepresentasikan posisi koordinat pointer. Dengan demikian mouse tipe ini mempunyai keakuratan lebih tinggi dibandingkan dengan mechanical mouse.

3. Mouse optik

pengertian mouse - Optical mouse
Mouse jenis ini tidak menggunakan sistem mekanik sama sekali. Sebagai gantinya, tipe ini menggunakan sinar laser untuk mendeteksi pergerakan mouse. Dengan demikian kita bisa menggunakan mouse jenis ini tanpa memerlukan mouse pad. Teknologi pada optical mouse membuat kinerjanya jauh lebih presisi dibandingkan dengan dua tipe mouse sebelumnya.
2.JOYSTIK :
PENGERTIAN JOYSTIK : sebuah alat input komputer yang nampak seperti tuas yang dapat bergerak ke berbagai arah, Joystick ini dapat mentransmisi arah sebesar dua ataupun 3 dimensi ke komputer . 
MACAM  MACAM JOYSTIK:1. Joystick Logitech Rumble
sumber gambar: studiodhika.com

Jenis joystick di atas adalah Joystick yang saya gunakan saat ini. Joystick ini paling umum 
digunakan diantara para gamers, karena dapat bermain game apa saja.

2. Joystick Logitech Extreme 3D Pro 
sumber gambar: amazon.com

Jenis joystick diatas adalah jenis joystick berbentuk lonjong ke atas dan berfungsi khusus untuk 
game pesawat terbang.
3. Joystick Logitech Racing Wheel
 
sumber gambar: gaming.logitech.com
Jenis joystick ini berbentuk seperti stir mobil jenis joystick tersebut berfungsi khusus untuk game 
balap mobil.
  
Demikian yang dapat saya share kali ini ini semoga bermanfaat.



3.KEYBOARD:
PENGERTIAN KEYBOARD: sebuah perangkat keras (hardware) pada komputer yang berfungsi sebagai alat untuk input data yang berupa huruf, angka dan simbol. Atau definisi keyboard yaitu suatu perangkat keras pada komputer yang berbentuk papan dan memiliki berbagai macam tombol yang dimana tombol tersebut fungsinya berbeda tergantung pada penekanannya yang bisa menghasilkan proses yang sesuai dengan keinginan penggunanya.
MACAM MACAM KEYBOARD
Sebuah. Serial Keyboard



Pada jenis keyboard ini menggunakan DIN 5 Male. DIN 5 Male adalah port serial yang mrmiliki 5 jarum yang berfungsi untuk menghubungkan antara keyboard dengan komputer.Untuk zaman sekarang, jenis keyboard ini jarang sekali digunakan. Keyboard serial digunakan untuk komputer jenis AT.

Port yang terdapat pada keyboard ini memiliki ukuran yang besar dan kabelnya pun cukup tebal sehingga berbeda dengan keyboard-keyboard lainnya.

b. Keyboard PS / 2


Keyboard PS/2 biasa digunakan untuk komputer desktop jenis ATX dan keyboard jenis ini masih banyak digunakan hingga sekarang. Port untuk keyboard PS/2 biasanya berwarna ungu. Dalam pemasangannya, keyboard ini harus ditancapkan ke port yang berwarna ungu pada motherboard. Dalam memasangnya pun butuh ketelitian, jangan sampai Anda menghungkan ke port berwarna hijau, karena warna hijau adalah port untuk memasang mouse jenis PS/2.

c. Keyboard USB



Jenis keyboard yang satu ini menggunakan port USB (Universal Serial Bus). Keyboard USB merupakan keyboard yang paling banyak digunakan karena dalam pemasangannya sangat mudah bila dibandingkan dengan keyboard yang lainnya. Keyboard ini sangat cocok bagi pengguna komputer desktop maupun laptop. Selain itu jenis keyboard USB juga menjamin proses pengiriman data yang cepat.
4.SCANNER:
PNGERTIAN SCAMER:sebuah alat pemindai salah satu perangkat input pada komputer, merupakan suatu alat yang berfungsi untuk menduplikat objek layaknya seperti mesin fotokopy ke dalam bentuk digital.
MACAM MACAM SCANNER.
1. IMAGE SCANNER Yaitu , scanner yang digunakan untuk memindai atau menyalin objek gambar.
<
2. OPTICAL CHARACTER READER (OCR) Yaitu , scanner yang digunakan untuk mengambil teks dari objek yang di scan
<
3. BARCODE SCANNER Yaitu , jenis scanner yang sering digunakan pada swalayan dan supermarket yang tunjuannya dapat membaca balok – balok barcode dalam bentuk alfabet.
<
5.RAM:
PNGERTIAN RAM: mempercepat pemeprosesan data pada PC atau komputer. Semakin besar RAM yang dimiliki maka akan semakin cepat pula komputer tersebut. RAM bisa mempercepat kinerja dari komputer, sebab RAM menyediakan ruang penyimpanan sementara untuk komputer. Dalam menyimpan data-data yang mudah diambil sehingga dapat mempercepat loading data serta program yang diakses.
MACAM MACAM RAM:
1. DRAM

DRAM (Dynamic Random Access Memory) adalah jenis RAM yang menyimpan setiap bit data yang terpisah dalam kapasitor dalam satu sirkuit terpadu. Data yang terkandung di dalamnya harus disegarkan secara berkala oleh CPU agar tidak hilang. Hal ini membuatnya sangat dinamis dibandingkan dengan memori lainnya. Dalam strukturnya, DRAM hanya memerlukan satu transistor dan kapasitor per bit, sehingga memiliki kepadatan sangat tinggi.


2. SRAM

SRAM (Static Random Access Memory) adalah jenis RAM (sejenis memori semikonduktor) yang tidak menggunakan kapasitor. Hal ini mengakibatkan SRAM tidak perlu lagi disegarkan secara berkala seperti halnya dengan DRAM. Ini juga sekaligus membuatnya memiliki kecepatan lebih tinggi dari DRAM. Berdasarkan fungsinya terbagi menjadi Asynchronous dan Synchronous.



3. EDORAM 

EDORAM (Extended Data Out Random Accses Memory) adalah jenis RAM yang dapat menyimpan dan mengambil isi memori secara bersamaan, sehingga kecepatan baca tulisnya pun menjadi lebih cepat. Umumnya digunakan pada PC terdahulu sebagai pengganti Fast Page Memory (FPM) RAM.



4. SDRAM 

SDRAM (Synchronous Dynamic Random Acces Memory) adalah jenis RAM dinamis yang kemampuan kecepatannya lebih cepat dari pada EDORAM dan kepingannya terdiri dari 168 pin. RAM ini disinkronisasi oleh clock sistem dan cocok untuk sistem dengan bus yang memiliki kecepatan sampai 100 MHz.






6. PROCESSOR/CPU : adalah singkatan dari Central Processing Unit, yaitu perangkat keras komputer (harware) yang bertugas melaksanakan perintah dan mengolah data dari perangkat lunak. 
Macam-macam :
1. Prosesor Intel


Pemproses intel ini adalah salah satu produk yang paling terkenal untuk kebanyakan pengguna teknologi komputer. Pesaing terberat intel dalam hal produk yang berasal dari AMD. Intel ini adalah perusahaan multinasional yaitu Intel Corporation dimana pendiriannya dilakukan sekitar tahun 1968.

2. AMD (Anvanced Micro Processor)

Hasil gambar untuk LCD (Liquid Crystal Display)Hasil gambar untuk LCD (Liquid Crystal Display)AMD FX-6300 Secara umum, Anvanced Micro Processor lebih dikenal dengan nama panggilan AMD oleh publik. Meski tingkat pengguna masih di bawah intel namun produksi prosesor AMD terus melakukan pengembangan produk yang lebih baik. AMD adalah perusahaan multinasional terbesar kedua setelah perusahaan intel berdasarkan pengembangan produk prosesor untuk komputer.
3. Prosesor ARM
Prosesor Prosesor ARM adalah sebuah syarikat yang mempunyai arsitektur pemproses yang mencapai 32 bit. Pangkalan pembangunan dan pengeluaran ARM Processor adalah di bawah lesen ARM Limited. Pemproses ini digunakan untuk pemproses di telefon bimbit, jadi jangan terkejut jika perkakasan ini disenaraikan pada pelbagai jenis telefon pintar.

7. MONITOR :adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan hasil proses dari komputer dalam bentuk teks, gambar, ataupun video secara visual. 
Macam-macam : 
1.   CRT (Chatode Ray Tube)
Monitor ini sering disebut monitor tabung, bukan tanpa alasan monitor ini disebut begitu, karena pada monitor ini terdapat sebuah media tabung sinar katoda. 
Monitor ini bekerja dengan cara memancarkan sinar elektron ke sebuah titik – titik kecil di layar. 

Hasil gambar untuk LCD (Liquid Crystal Display)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LP ASJ -XI 01 INSTALASI DEBIAN

LP ASJ TUGAS O2 SINTAX DEBIAN